Ada beberapa hal yang membuat saya binggung di dunia ini, mungkin ini terjadi karena saya yang rasakan. Entahlah, hidup akan selalu ada hal-hal yang tidak terduga. Catatan ini terinspirasi ketika sedang mengunjungi seseorang kawan yang sedang di rawat di rumah sakit. Di lantai ke beberapa dari rumah sakit itu, saya menatap lamat-lamat ke arah keluar, berdiri mematung di depan jendela yang sangal lebar. Bau obat seperti tercium di sudut-sudut, itu adalah wangi khas dari rumah sakit. Saya menatap takzim langit sore, menghela nafas panjang.
Sebenarnya apakah di dunia ini ada orang yang meminta di beri penyakit ? dengan sengaja “ Ya Allah, berikanlah aku penyakit …. “ aneh sekali bukan, rasa-rasanya tidak. Saya menyakini itu. Tapi tampa kita sadari, kata-kata tidak logis itu keluar dari mulut kita dengan ketusnya bilang “ Sakit mulu sih kamu !! “ mengumpat kesal orang yang kita maksud. Duhai, tidakkah kita jahat sekali  ? perkataan sempele itu, lihatlah membuat tetanggaku  atau tetangga kita atau bahkan kita sendiri menangis sesegukan, menjambak-jambak rambutnya, bertanya banyak hal pada Tuhannya mengenai kata yang dengan tidak logisnya keluar dari mulut kita.
Eh, siapa coba yang mau di kasih penyakit ? tidak ada, rasa-rasannya semua orang ingin nikmat sehat. Tapi terkadang memang kita sendiri yang membuat penyakit, seperti makan tidak sehat, jarang olah raga, minum-minuman atau bahkan merokok.  Dan mungkin Allah menegur kita melewati penyakit, azab gitu maksudnya ? Entahlah, tapi alangkah baiknya kita berhuznuzan pada Allah, meyakini bahwa sebenarnya yang maha kuasa sedang menguji karena sayang dengan kita.
Kembali lagi, di duinia ini tidak ada orang yang senang tinggal di rumah sakit, gerak terbatas, makanan terbatas, dan obat-obat yang pahit. Semua orang ingin sehat, tapi ya nama nya terkadang kita suka lalai terhadap diri kita sendiri. Tapi setidaknnya mengenai orang yang terkena penyakit, usahakanlah jangan bilang “ Kamu sakit mulu sih ! “ deg, pertanyaan itu sebenanrya menghujam perih. 
“ Karena kalau orang yang dinyatakan sakit, fikiran dia akan bilang dia sakit dan dia akan sakit “
Coba pahami qoutes dia atas, benar sekali menurut pegamatan saya, tapi itu kembali lagi pada mental kita. Ada orang yang di vonis stadium akut, eh liat santai masih tertawa riang, tapi coba lihat di ujung sana, baru terkena tifus saja seakan-akan dunia mulai gelap. Catatan ini jadi berantakan sekali, tapi cobalah siapapun jangan coba-coba bilang “ sakit mulu sih “ apa jadinnya jika kalian yang sehat sekejap kemudian Allah buat terkulai lemah di rumah sakit ? maka smoga kita memahami, bahwa sakit bukan sebuah permintaan. Bukan sama sekali, sebagai manusia kita hanya bisa berikhtiar dan sabar atas apa saja yang telah menimpa kita.
*maaf jika notes ini terlihat agak aneh dan membinggungkan, hanya ingin berbagi pikiran.
* Terinspirasi oleh peryataan aneh yang bilang “ sakit mulu sih “