Mari kita membicarakan masa depan,

 

Cita-cita menjadi guru bahasa Indonesia atau sarjana Humaniora tidak penah luntur samapi detik ini, bahkan tidak pernah kepikiran untuk mempunyai pilihan yang lain, bagi saya yang namanya pilihan terbaik itu ndak pernah menyisahkan pilihan ke B apalagi ke C, pilihan yang terbaik yang akan selalu unggul tidak ada apapun yang membuat hati melirik sesuatu yang lain.

Saya begitu mencintai sastra Indonesia, sebab saya suka menulis dan membaca , dua hobi yang saya percai bisa merubah hidup seseorang. Saya ingat betul, kalau saya sejak kecil tidak menulis buku harian saya mungkin sudah gila karena memendam masalah sendirian, dan saya dulu tidak memiliki kebranian untuk bercerita pada seseorang saya lebih suka memutuskan untuk menulis,

 

Banyak orang bilang, lulusan sarjana sastra atau pendidikan bahasa Indonesia itu di anggap tidak penting, apalagi jurusannya. Banyak orang  menilai, bahwa pelajaran bahasa itu pelajaran santai dan tidka terlalu penting. Oleh karena itu percaya atau tidak, jurusan sastra itu ndak mahal di banding jurusan MIPA, KEDOKTERAN, dan apapun yang berhunungan dengan dunia ekonomi atau jasa.

Seterah orang mau bilang apa, toh saya yakin tidak ada jurusan keren dan hebat , tidak ada fakultas atau universitas paling keren dan paling top, jurusan paling oke. Tidak ada.

Yang membuat penilaian itukan hanya manusia, tapi bagi saya keren atau tidak sungguh tidak penting, yang saya lihata daalh proses belajar . Apakah diisi dengan sungguh-sungguh dan kejujuran ?

 

Saya masuk sastra karena ya itu memang pasion saya, karena itu udah jodoh kali ya ? saya adalah orang yang percaya bahwa pasion seseorang sangat mempengeruhi, nih contoh ya saya di jurusan IPA, padahal saya gak mau, hasilnya apa ? ya setengah hati. Pasion adalah sesuatu yang tidak pernah kita bosan melakukanya, saya gak pernah bosan menulis dan membaca ,pasion adalah panggilan jiwa tidak ada paksaaan untuk melakukanya, buktinya teman-tema WP gak ada yang disuruh nulis, tapi nulis sendiri kan ?..

Pasion adalah sesuatu yang sangat kita sukai walau sudah bertahun-tahun bahkan menghabiskan waktu yang banyak kita habisi, tapi kita gak akan pernah bosan apalagi berniat menyudahi. Pasion adalah sesuatau yang sudah mendarah daging, dia akan membekas dalam perasaan kita dan terjalin lewat perasaan.

 

Pada akhirnya, pasion saya memang di dunia otak kanan, dan cenderung ke dunia merangkai kata dan membaca, saya yakin entah bagaimana mekanismenya bekerja Tuhan pasti akan mengantarkan kita pada apa yang kita sukai, contoh kecil aja deh, pada tahu sama mbak zie kan ? konon dia selalu ingin jadi jurnalis waktu SMA , akhirnya apa mbak zie sekarang jadi kuli tinta beneran..

 

Kalau kalian yang belum bersama , sama apa yang kalian cintai, sabar saja .. sabar sellau berhasil menemukan jawabanya. Pada  akhirnya entsh kapan kita pasti akan jadi diri kita sendiri….

 

Salam perjalanan rasa