Rasanya, siapa yang belum tahu ada serial Mahabarta yang mewarnai pertevean Nasional ? jujur awalnya saya tidak simpatik sama sekali dengan serial ini, tapi semua ini berubah saat kulit manggis ada ekstraknya, kakak laki-laki saya membeli setumpukan dvd Mahabarata dari episode pertama dan mungkin sampai terkahir yang sampai saat ini masih dalam proses pembuatan.

Saya jatuh hati pada Mahabarata ketika jatuh pada episode dimana Amba menuntut keadilan, dimana Bhesma tidak ingin menikahinya karena sumpahnya. Akhirnya saya mengikuti juga serial mahabarata dalam bentuk dvd , karena yang ditayangkan di teve menurut saya kurang asyik, selain terpotong iklan dan alih bahasa membuat saya jadi kurang tertarik. Lebih baik begini, tahu kosakata bahasa hindu yang konon para pemainnya saja harus belajar bahasa hindu.

Tanpa berpanjang lebar saya akan menceritakan semuanya di sini, dari mulai yang bahagia sampai yang membuat saya terpingkal-pingkal bahkan membuat saya menitihkan air mata ( oke lebay)

Masa  kecil : Pandawa dan Kurawa.

Hal yang membuat saya bisa geleng-geleng heran adalah peran Duryodhana semasa usia 15 tahun, kenapa star tv bisa begitu canggih dan niatnya mencari tampang yang bisa mengambarkan sosok duryodhana yang menyebalkan itu, sumpah cocok banget dengan watak dan kepribadiannya . Sayang tidak ada di google foto-foto kurawa kecil yang jelas, hanya ini

Duryodana kecil …

Sementara di pihak Pandawa, semuanya terkesan pas. . .

Beranjak dewasa, inilah yang membuat ranting mahabarata naik drastis, semua pemain yang masa kecilnya dekil bahkan berubah sangat tampan dan bertubuh atlestis.

1. Yudistira

Itu adalah yudistira, putra pertama dari pandu dan kunti dia adalah anugerah dari Dewa Dharma, oleh sebab itulah Yudistira di kenal paling dan paling jujur dan selalu menegakan kebenaran dan keadilan. Sosoknya yang selalu tenang seolah tanpa beban, membuat saya selalu ingin memiliki ketua kelas di kampus seperti dia, atau minimal dalam hidup saya pak-Rt saya seperti itu. Pada Mahabarata Yudistira ahli dalam ilmu agama, hukum dan tata negara. Keahlian Yudistira adalah mengunakan tombak. Pada abad ini jika sosok Yudistira berekarnasi pada salah satu pelajar Indonesia dan dia adalah teman saya, mungkin jadinya begini :

Saya : ” Yudistira, apakah kamu sudah mengerjakan tugas dari guru Drona ? ia merubah halaman tugas nya menjadi halaman sembilan ”

Yudistira : ” Aku tidak tahu akan hal itu, aku sudah mengerjakan tugas pada halaman pertama, aku tidak tahu bahwa tugas halaman itu dirubah”

Saya : ” Ya sudah yusitira, lebih baik kau kerjakan saja , lihat punyaku saja satu jam lagi akan dikumpulkan ”

Yudistira ” Tidak, Dewi wulan saya akan berterus terang pada guru Drona, biarkan saya yang dihukum, saya pantas menerima semua ini. Kebenaran harus di tegakkan ”

Saya : ” Wahai Pangeran Yudistira semoga kau di anugrahi usia panjang, tapi bukankah kau tahu sendiri guru Drona pasti akan menghukum semua murid termasuk aku, sebab kami telat memberi tahumu . . ”

Yudistira : ” Saya akan berbicara pada guru Drona, bahwa ini bukan kesalahan kalian, maafkan saya Dewi .. ”

Saya : *Asahpeso*

2, BIMA

Bima, adalah putra kedua dari pandu dan kunti yang di anurgahi dari dewa Bayu, bima adalah sosok yang paling kuat, bahkan hentakan kakinya di bumi dapat meretakan tanah. Dia sangat suka makan, ini sebanding dengan tubuhnya yang besar. Sosok Bima menurut saya sangat lucu, ia acap kali mencium sadewa, ia juga yang paling sering di bully oleh Nakula dan Arjuna, Sadewa. kecuali Yudistira ( sudah saya bilang dia baik sekali). Walaupun Bima jahil, ia ternyata memiliki hati yang lembut , tegas dan tidak suka berbasa-basi . Dan keahliannya adalah mengunakan senjata gada.

3, Arjuna

 

 

itu adalah Arjuna, cocok sekali mengambarkan sosok arjuna yang tampan, tatapan lembut. ini yang membuat fans perempuan teriak-teriak apalagi pemain Arjuna ini (Shaheer Sheikh) adalah seorang muslim. Entah kenapa  pada sosok arjuna yang paling saya sukai adalah matanya.

Arjuna merupakan putera ketiga dan anugrah dari dewa Indra,  kemahiran Arjuna adalah menggunakan senjata panah, yang membuat saya bisa merinding adalah, ketika Arjuna mengikhlaskan Drupadi isteri yang seharusnya tunggal miliknya menjadi milik keempat saudaranya. Arjuna sanggat lembut pada ibunya, itu yang saya suka , Arjuna sayang ibu 🙂 Hal yang saya sangat tidak suka pada sosok Arjuna adalah, pada pewayangan asli ia dikisahkan mempunyai isteri banyak. Tapi pada serial Mahabarata ia hanya menikah dengan Drupadi dan Subadra, kedua wanita itu akan saya bahas.

3. Nakula

Ini juga ganteng pemirsa, walaupun nakula bukan anak kunti, melainkan anak Madri istri kedua pandu, ia tetap saja merupakan bagian dari pandawa.Menurut Mahabharata, si kembar Nakula dan Sadewa memiliki kemampuan istimewa dalam merawat kuda dan sapi. Nakula digambarkan sebagai orang yang sangat menghibur hati. Ia juga teliti dalam menjalankan tugasnya dan selalu mengawasi sifat jahil kakaknya, Bima dan bahkan terhadap senda gurau yang terasa serius. Nakula juga memiliki kemahiran dalam memainkan senjata pedang. Nakula bisa berbicara sama hewan loh, 😀 kusnuson Kuda.

5. Sadewa

Sadewa merupakan ahli perbintangan yang ulung dan mampu meramalkan kejadian yang akan datang. Namun ia pernah dikutuk apabila sampai membeberkan rahasia takdir, maka kepalanya akan terbelah menjadi dua. Bisa dikatakan bahwa Sadewa ini anak indigo, Oh iya, Nakula dan Sadewa ini bisa menyembuhkan orang loh, dengan ramuan ajaib.

Berikutnya, ini adalah tokoh yang sangat saya kagumi,

Yap, Karna kelahiran karna sangat menyedihkan, akibat uji coba mantra yang dimiliki kunti , ia mencoab memanggil dewa surya, ia pun di anugrahi seorang anak, padahal saat itu kunti belum menikah. Demi menjaga nama baik negaranya, Kunti yang melahirkan sebelum menikah terpaksa membuang “putra Surya” yang ia beri nama Karna di sungai Aswa dalam sebuah keranjang. Bayi itu kemudian terbawa arus sampai akhirnya ditemukan oleh Adirata yang bekerja sebagai kusir kereta di Hastinapura.  Adirata dengan gembira menjadikan bayi tersebut sebagai anaknya. Karena sejak lahir sudah memakai pakaian perang lengkap dengan anting-anting dan kalung pemberian Surya. Disitulah takdir menghempaskan karna, ia seharusnya bergabung dengan kelima adiknya, menikmati kasih sayang kunti dan pandu, justru ia kini menjadi anak seorang kusir. Strata yang membuat ia sakit hati, karena pada dinasti kuru, strata sangat di bangakan. Bahkan pada suatu kesempatan karna memanah dengan baik, tapi sayang orang-orang menanggapnya tidak pantas karena karna adalah anak seorang kusir. Inilah yang membuat luka yang amat dalam, orang-orang tidak menerima keahliannya. Kalau pemirsa mau tahu, musuh terbesar karna adalah arjuna, sesuatu yang sangat mengenaskan hati kunti. Dimana anak-anaknya saling bunuh membunuh, hal yang membuat saya sesak ketika melihat mahabarata adaah episode dimana Karana dberi tahu khrisna, bahwa ia adalah anak Kunti. Walaupun karna menyebalkan karena berada di pihak kurawa dan teman setia duryodana, bagi saya karna adalah kesatria yang baik. Ia juga setia karena memiliki satu orang isteri, sifat karna sangat dermawan, ia bahkan rela melepas perisai emas dan antingnya, hingga tubuhnya berlumuran darah. Sesuatu yang membuat ia hampir mati. Ah, andai arjuna tahu Karna itu abangnya, apakah ia masih membenci ? Oh iya, karna ini sangat sayang ibu 😀 Pada akhirnya Karna mati di tangan arjuna pada perang Bartayuda. Oh iya, hal yang saya sukai dari karna ada lagi, ketika dia menyingkap bunga-bunga agar Vrushali ( isteri) nya bisa jalan. Duh romantis 😀

Nah , ini Dia Kunti, tidak lengkap bicara anak-anak hebat tanpa Ibu nya, bagi saya Kunti adalah perempuan yang luar biasa, ia menerima segala takdir yang terus membuat jalan ia dan anak-anaknya serasa sulit. Kunti adalah sosok ibu yang penuh kasih, mungkin kesalahan ia membuang karna adalah kesalahan yang tidak dapat ia maafkan, Apalagi menyaksikan anak-anaknya bertengkar satu sama lain, ibu mana yang tidak lemas ? Pada akhir hayatnya, Kunti bertapa dan mati karena api sucinya.

Ini dia, sosok perempuan yang sangat luar biasa. Dia adalah isteri dari kelima pandawa, jalan takdir terus mengajarkan drupadi apa itu menerima, dia sangat mencintai Arjuna, tapi sayang ia harus menikah juga dengan yang lainnya. kalau anda menonton dvd nya saat drupadi menikah, ada sountrack lagu yang sanga menyentuh hati, dari pancaran mata drupadi terlihat sangat menyedihkan namun ia terus berusaha tegar. Hal yang membuat saya sampai gemetar adlah ketika drupadi di permalukan di depan umum, atas ulah licik duryudhana dan sangkuni. Kain sarinya hampir di tarik di depan umum, namun berkat pertolongan krisna dari jauh kain itu terus melilit panjang sekali. Sehingga tidak jadi tersingkap. Rambut drupadi di tarik, ia di seret dari tangga ke depan para pandawa, hal yang membuat semua pandawa sangat terpukul. Terutama Yudistira,

Semenjak itu, ia bersumpah tidak akan mengikat rambutnya sampai darah duhsasan ( yang nyeret) buat keramas, karena ia merasa di nodai dan di perlakukan tidak adil. Drupadi sangat kecewa dengan pandawa suaminya yang tidak bisa melindunginya dan tidak mendengarkan perkataanya. Karena drupadi juga perang barthayuda meledak.Perang besar karena telah bertindak tidak adil pada seorang perempuan. Memang bukan faktor itu saja, yang membuat perang bersaudara itu, tapi bisa dikatakan drupadi adalah salah satu pengaruhnya. Saya juga tidak bisa membayangkan jika berada di sisi drupadi, saat dia begitu menanti kedatangan arjuna yang pulang bertapa selama satu tahun, tapi arjuna malah membawa seorang isteri baru. Pasti amat menyakitkan. Pada akhirnya drupadi mati mendahului suaminya, sebab ia terlalu mencinati arjuna dan tidak adil membagi cintanya pada keempat suaminya. Ah, kalau karmapala itu berlaku, apakah kamu para lelaki masih berniat poligami ? tidak pernah ada manusia yang adil di dunia ini.

Yang ini Subadra, isteri kedua arjuna, sekaligus adiknya krisna. Pada awalnya arjuna memang biasa-biasa aja sama subarda, tapi subadra sejak pertama kali tahu arjuna, ia langsung jatuh hati. yaiyalah ganteng 😀 Nah ini yang saya bingung, kalau di suruh memilih arjuna pilih drupadi atau subadra ya  ? waktu subadra hamil, arjuna sayang banget sama subadra. Subadra disini sangat polos, beda dengan drupadi yang berkarakter kuat. Pokoknya mah subadra bikin arjuna ketawa terus, menurut saya kecantikan subadra ini eksotis,

Entah kenapa, menurut saya subadra dan arjuan itu cocok sekali, sementara Yudistira dengan Drupadi itu baru pasangan yang pas. Kisah cinta subadra dan arjuna memang tidak seromantis yang di gambarkan seperti drupadi dan arjuna. Tapi kalau kalian mau tahu, arjuna pernah menyelamatkan subadra yang jatuh dari jurang, dan dengan adegan super lebay tangan mereka bersatu.

Hal yang paling menyedihkan yang di alami subadra saat masih hamil, ia ditinggal arjuna bersama pandawa dan drupadi yang dibuang kepengasingan. Ia harus tinggal sendiri selama tiga belas tahun ke kerajaan dwarka, membesarkan anaknya yaitu Abimanyu, anak kesayangan arjuna.

.

waktu mau di tinggalin. . . 😦

Baikah pemirsa, sampai sini dulu, mahabarata menurut saya merupakan sebuah karya yang sangat positif, terlepas dari berbagai hal yang memang sangat ajaib. Di mana semua orang tidak boleh mengucapkan sembarang sumpah. Dan semua orang mendapat balasan setimpal dengan apa yang di perbuatnya. Banyak juga qoetes menarik, sayang tidak saya catat. Oh iya ketika ada ksedihan pasti ada soundtrack lagu, yang terjemahan liriknya adalah

” Waktu adalah yang terkuat di dunia ”

Yap benar, segala rasa sakit bahkan bisa dilumpuhkan oleh waktu. Jadi jangan buang buang waktu anda, oke 😀